Menu

Partai Garuda dan Berkarya Tidak Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual KPU

  Dibaca : 396 kali
Partai Garuda dan Berkarya Tidak Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual KPU

JAKARTA,eind–Dari 14 Partai Politik (Parpol) pendaftar kloter pertama guna penelitian administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya 12 parpol lolos, sedangkan 2 (dua) lainnya dinyatakan tidak lolos.

Ketua KPU Arief Budiman Kamis (14/12) sudah mengungkapkan, setelah proses perbaikan administrasi parpol dan dilakukan penelitian hanya 12 parpol yang lolos dan dua parpol tidak dapat ke tahap verifikasi faktual.

Dari data yang di rangkum tim editorial indonesia terkaut sejumlah persyaratan mutlak menjadi calon perseta pemilu partai politik, antara lain kepengurusan, keterwakilan perempuan, kantor, rekening dan keanggotaan, paling tidak dokumen parpol harus lengkap mulai di tingkat pusat hingga kecamatan.

Diketahui 12 partai politik yang lolos ke tahap verifikasi faktual antara lain :
Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat, dan PKB.

Sementara 2 (dua) parpol yang tidak lolos tahap penelitian administrasi yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Sedangkan 9 (sembilan) parpol pendaftar kloter kedua nerupakan partai yang dinyatakan berhak melanjutkan proses pendaftaran dan verifikasi calon peserta pemilu dengan diperkuat putusan sidang Bawaslu RI.

Alasan mendasar Partai Berkarya dan Partai Garuda tidak dapat ke tahap penelitian administrasi faktual, dikarenakan tidak bisa memenuhi syarat batas minimal daftar keanggotaan di Kabupaten Kota sesuai undang-undang Pemilu, dimana parpol disetiap kabupaten/kota harus memiliki keanggotaan minimal seribu orang atau satu per seribu dari jumlah penduduk.(timR)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Protected by Copyscape

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional