Menu

Sampaoli Optimis Argentina Lewati Masa Genting

  Dibaca : 196 kali
Sampaoli Optimis Argentina Lewati Masa Genting
Sampaoli Optimis Argentina Lewati Masa Genting

Pelatih baru timnas Argentina, Jorge Sampaoli mendapatkan hasil perdana yang memuaskan.

Hal ini menjadi bekal untuk Sampaoli membawa Argentina lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.

Tim nasional putih biru berhasil menang tipis 0-1 atas timnas Brasil di pertandingan uji coba di Melbourne Cricket Ground, Melbourne, Australia, Jumat (09/06).

Jorge Sampaoli resmi menggantikan pelatih Edgardo Bauza  yang dipecat Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) awal April lalu.

Masih terpuruk di posisi kelima klasemen, Sampaoli  sadar rintangan yang dihadapi Argentina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

“Kesulitan dalam Kualifikasi Piala Dunia nyata. Perjalanan yang rumit karena tim lainnya juga ingin lolos seperti kami,” ucap Sampaoli.

Namun dia yakin kerja keras anak asuhnya dengan dukungan penuh para suporter, Argentina akan tampil sebagai salah satu tim di Piala Dunia Rusia 2018.

“Saya ingin tim nasional meraih kemenangan. Saya juga merupakan fan dan menginginkan hal tersebut. Saya akan menyediakan apapun yang diperlukan untuk mewujudkannya,” kata Sampaoli.

Sampaoli menjadi pelatih Argentina setelah ditarik dari Sevilla. Sampaoli berhasil mengatar Sevilla menjadi peringkat empat di La Liga bersaing dengan tiga raksasa liga Spanyol, Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid.

Sampaoli bahkan pernah mengantar Sevilla menjadi pemuncak klasemen beberpa pekan. Sayang dengan amunisi terbatas, Sevilla perlahan harus melorot posisinya.

Sampaoli juga pernah mengantarkan Chile menjuarai Copa America 2015. Pencapaian tersebut membuat dirinya diganjar titel Pelatih Terbaik Amerika Selatan 2015

“Saya tidak akan meninggalkan Sevilla demi klub lain. Jika benar-benar terjadi, saya hanya akan meninggalkan Sevilla untuk tim nasional saya,” kata Sampaoli menanggapi penunjukkan dirinya melatih tim tango.

Meski mengaku sedih meninggalkan Sevilla, tapi hasrat memberikan prestasi bagi timnas Argentina sudah merupakan cita-citanya sejak kecil.

“Proyek yang ada di Sevilla akan membawa klub ke dalam perburuan gelar pada tahun kedua dan hal ini sangat menyenangkan, tetapi memberikan sesuatu untuk Argentina merupakan panggilan hati dan impian saya sejak kecil,” tegasnya.

Sampaoli akan memimpin Lionel Messi Cs dalam empat laga hidup mati melawan Uruguay, Venezuela, Peru dan Ekuador.

Empat tim teratas akan otomatis lolos ke piala dunia Rusia 2018. Sedangkan satu wakil yang berada di posisi ke lima, nantinya akan melakoni partai play off dengan pemenang ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Oceania.

Saat ini Argentina masih terpaku di peringkat lima klasemen sementara.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional