Menu

Keberanian Menteri Susi Diganjar Penghargaan di AS

  Dibaca : 222 kali
Keberanian Menteri Susi Diganjar Penghargaan di AS
Keberanian Menteri Susi Diganjar Penghargaan di AS

Prestasi menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kembali bertambah setelah menerima penghargaan Seafood Champion Award.

Penghargaan ini diterima dalam acara Seaweb Seafood Summit yang diselenggarakan di Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat.

Dalam siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (7/6/2017), disebutkan Susi dianugerahi penghargaan dalam kategori leadership atau kepemimpinan

Susi Pudjiastusi diganjar penghargaan tersebut karena dinilai sangat berani memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal yang terjadi di laut Indonesia.

Menteri yang kini bergelar Doktor tersebut  juga memberantas segala bentuk penangkapan ikan yang tidak dilaporkan dan tidak diatur (IUUF) oleh kapal asing.

Susi Pudjiastusi dinilai sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan laut dan praktik pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Pelarangan alat tangkap tidak ramah lingkungan serta kepeduliannya terhadap kasus perbudakan yang terjadi di kapal perikanan, menjadi aspek yang dinilai.

Penghargaan ini melengkapi keberhasilan Susi Pudjiastuti setelah pada Mei lalu menerima penghargaan maritim tertinggi dunia, Peter Benchley Ocean Awards.

Award  ini diberikan kepada pembuat kebijakan publik atas prestasi yang dicapainya, terutama tentang bagaimana upayanya mengutamakan peran masyarakat dalam menyelamatkan laut.

Saat itu Susi mengatkaan, kebijakan yang diterbitkan telah ditelaah secara mendalam dan perhitungan secara matang.

Kebijakan tersebut juga bertujuan untuk memberi dampak yang baik bagi sektor kelautan dan perikanan.

Kebijakan-kebijakan tersebut dinilai telah berhasil memulihkan kondisi perikanan danlaut Indonesia menjadi lebih baik.

Susi mengaku akan tetap tegas dan konsisten untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

“Terkadang tekanan mengharuskan orang berkompromi. Tapi saya harap ini takkan pernah terjadi. Pak Jokowi sangat mengerti kebijakan ini sangat baik,” ucapnya.

Peter Benchley Ocean Awards merupakan penghargaan maritim tertinggi di dunia yang diberikan bagi semua pihak yang dianggap berjasa dalam menyelamatkan laut.

Penerima penghargaan ini datang dari latar belakang bervariasi mulai dari presiden, menteri, aktivis, penjelajah, penyelam, jurnalis foto hingga sutradara film dan media.

Susi Pudjiastuti sebelum menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan merupakan owner PT Sisu Gorp yang membawahi PT ASI Pudjiastuti (Susi marine), PT Pudjiastuti Aviation (Susi Air), PT ASI Pudjiastuti Flying Schooldan PT ASI Geo-survey.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional