Menu

Jangan Mencari Pembenaran Agama Dalam Politik

  Dibaca : 1493 kali
Jangan Mencari Pembenaran Agama Dalam Politik
Agama Versus Politik

Entah kenapa isu SARA banyak sekali bermunculan, terlebih lagi soal agama. Agama apapun di dunia itu manusia yang membuatnya.

Kalau Tuhan yang membuatnya, masa iya contoh di Indonesia ada 5 agama, jadi ada 5 Tuhan dong?!

Kalau dibandingkan dengan sila 1, Ketuhanan yg maha Esa apa relevan?

Saya bukan menyinggung salah satu agama yang ada, cuma sekedar membantu membuka pemikiran yang ada. Contoh : ketika kita hendak pergi ke suatu tempat, kita menggunakan kendaraan (mobil/motor). Entah itu merek h*da/y**aha/kawa**ki, di setiap merek kendaraan tersebut pasti punya yang nama nya buku panduan.

Di dalam buku panduan tersebut pasti berisi hal-hal  yang baik supaya kita selamat sampai tujuan. Begitu juga dengan manusia, cara hidup kita ibarat kita sedang mengendarai kendaraan, dan agamalah sebagai buku panduannya.

Jadi bukan agama yang menjadi tiket masuk kita ke surga. Walaupun kita sudah baca semua buku panduan itu tapi ketika kita mengendarai kendaraan ugal-ugalan apakah kita akan sampai di tempat tujuan dengan selamat?

Jadi yg menjadi tolak ukur kita masuk surga itu tingkah laku kita, bukan agama. Orang yang memang memahami agama dia akan rendah hati, dia akan menjadi embun yang menyejukan di tengah kemarau.

Tapi orang yg cuma sekadar ‘baca buku panduan itu’ dia akan menjadi celaka bagi orang lain.

Dari dulu selalu Kristen dan Islam bertengkar. Tapi kenapa kita jarang sekali mendengar Hindu dan Budha bertengkar?

Karena mereka menitikberatkan pada tingkah laku, atau disebut juga karma pala dalam agama Hindu (apa yg kamu lakukan itu yg akan kamu terima).

Jangan bangga akan apa agamamu, tapi banggalah dengan apa yg sudah kamu perbuat bagi sesamamu.

Karena itulah yang menjadi timbangan di akhirat nanti. Jangan pernah membawa agama dalam politik, karena itu 2 sisi yang berbeda.

Agama mengarahkan kepada kebaikan, politik mengarahkan kepada kepentingan. Jadi ketika ada orang politik yg membawa2 agama saya berani jamin 100 persen, orang itu ada niat buruk.

Politik menghalalkan segala cara untuk mendapatkan tujuannya, berbeda dengan agama. Agama mengajarkan visi, politik mengajarkan ambisi.

Jangan kotori pemikiran mu dgn doktrin-doktrin yg seakan2 benar padahal menyesatkan. Bersikaplah kritis, manusia di ciptakan oleh 1 Tuhan dan akan bertemu ulang dengan yang menciptakan.

Salam NKRI harga mati !

Penulis: Thedy Putra Ginting

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional