Menu

Permintaan Tas Baru yang Dipenuhi Jokowi

  Dibaca : 508 kali
Permintaan Tas Baru yang Dipenuhi Jokowi
Permintaan Tas Baru yang Dipenuhi Jokowi

Sebuah kisah miris yang berakhir dengan kebahagiaan menjadi viral di media sosial. Dalam kisah tesebut tampak sekelompok siswa Sekolah Dasar dalam video meminta tas kepada Presiden Indonesia, Jokowi.

Keadaan anak-anak tersebut begitu meprihatinkan, mereka mengenakan seragam putih merah yang sangat lusuh, bahkan sudah menguning.

Tas yang dibawa ke sekolah juga hanya sebuah kantong plastik yang digunakan  untuk menyimpan buku dan pensil. Tak ada sepatu di bagian bawah untuk pelindung kaki. Ada yang menggunakan sandal jepit, ada juga yang bertelanjang kaki.

Kisah ini bermula dari postingan Anggit Purwoto yang menjadi guru di daerah Kalimantan Barat. Anggit sudah tujuh bulan mengikuti program Sarjana Mendidik Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM3T) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggit yang mengajar di SDN 04 Desa Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat mengakui, sebenarnya hal ini harusnya cukup menjadi perhatian pemerintah daerah, bukan Presiden langsung.

Namun kejadian tersebut sudah berlangsung lama, pemerintah setempat seolah tak memperhatikan nasib anak-anak yang begitu bersemangat menimba ilmu di sekolah.

Dalam rekaman yang diunggah Anggit, suara lirih dan lugu dari Revan, Hery Aprianto, Jhembo dan Eligen Tomas bergantian meminta tas kepada Presiden Jokowi.

Siapa sangka, Presiden Jokowi yang melihat kondisi tersebut langsung merespon. Jokowi segera memerintahkan stafnya untuk memenuhi permintaan sekelompok anak tersebut.

Bukan hanya itu, Jokowi memberikan semua keperluan sekolah mulai dari seragam lengkap dengan topi, dasi dan sepatu. Juga buku dan perelengkapan sekolah lainnnya.

Juru bicara Kepresidenan Johan Budi mengatakan, bantuan Presiden Jokowi tak hanya diberikan ke SD 04 Sungkung. Bantuan sama juga diberikan ke SD lain seperti SDN 09 di Senoleng, SDN 10 di Medeng, SDN 11 di Senebeh dan SDN 07 di Kaput.

Dia menambahkan, tim utusan presiden melewati perjalanan Jakarta-Pontianak-Entikong-Sungkung, kemudian melewati darat menggunakan truk 6 jam, lalu menggunakan sungai 7-8 jam setelah itu perjalanan darat 1 jam.

Bantuan perlengkapan sekolah dari Presiden Joko Widodo telah diterima pada Senin (10/4/2017). Bantuan tersebut dibawa dan diserahkan langsung oleh tim khusus yang diutus Presiden Jokowi.

Memakai seragam dan tas pemberian Presiden Jokowi

Kini mereka tersenyum memakai tas dan seragam pemberian Jokowi.

Dalam bantuan tersebut, setiap siswa mendapatkan buku tulis sebanyak 10 buah, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, rautan, buku gambar, krayon, tempat pensil, tempat makan dan minum, sandal, serta satu set seragam sekolah termasuk topi dan dasi.

Setiap sekolah juga menerima bantuan  berupa empat  set foto presiden dan wakil presiden dan dua bendera merah putih. Selain itu buku soal-soal, 10 kotak kapur tulis, 2 penghapus papan tulis, 2 atlas, 2 peta dunia, dan 100 papan alas ujian.

Penulis :Franky Guntur Tangkudung

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional