Menu

Rossi Mengejar Juara Dunia ke-10 MotoGP

  Dibaca : 278 kali
Rossi Mengejar Juara Dunia ke-10 MotoGP
Rossi Mengejar Juara Dunia ke-10 MotoGP

Musim balap MotoGP 2017 resmi bergulir di Sirkuit Internasional Losail Qatar, 27 Maret 2017. Musim kali ini bakal menyajikan ketatnya persaingan para rider dari beberapa tim unggulan. Valentino Rossi yang sudah berusia 38 tahun diprediksi masih mempunyai kekuatan untuk mengejar juara dunia ke-10 MotoGP.

Namun tentu saja hal itu tak bakal mudah karena Rossi harus menyisihkan beberapa kekuatan muda seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan rekan setimnya Maverick Vinales. Apalagi, terjadi perubahan komposisi rider yang saling bertukar tempat dan tunggangannya.

Mantan rekan setim sekaligus rival Rossi, Jorge Lorenzo hengkang dari Yamaha menuju ke tim Ducati. Posisi Lorenzo akhirnya digantikan the Rising Star Maverick Vinales yang didatangkan dari tim Suzuki. Sedangkan Andrea Ianone yang tergusur posisinya oleh Lorenzo di tim Ducatti kini merapat ke tim Suzuki.

Masuknya empat pembalap baru dan satu tim pabrikan baru KTM ke musim 2017 juga tentunya bakal membuat musim 2017 bakal lebih seru.

Bukan hanya itu, aturan yang kini menghilangkan sayap aeorodinamika atau winglet membuat setiap tim diharuskan kreativitasnya dalam modifikasi fairing. Belum lagi, masih beradaptasinya semua tim dengan ban baru Michelin yang resmi menggantikan Bridgestone di musim lalu.

Menilik persaingan sengit musim lalu yang membuat rekor baru dengan sembilan pembalap menjadi pemenang, tentunya sudah membuat pecinta MotoGP membayangkan serunya musim ini.

Namun, siapa yang nantinya akan menjadi juara dunia pasti tak akan bergeser dari empat nama saja yakni Marc Marquez, Valentine Rossi, Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo.

Para kuda hitam seperti Andrea Ianone, Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa siap menggebrak jika keempatnya lebih sering membuat kesalahan.

Musim 2017 ini, diperkirakan menjadi musim yang tepat untuk Valentine Rossi merebut gelar juara dunia  kesepuluhnya untuk menutup karirnya di dunia balap motor yang sudah melegendakan namanya. Gelar juara dunia ke-10 memang sudah cukup lama diburu Rossi, dia terakhir meraihnya tahun 2009.

Musim 2015 lalu, Rossi sangat dekat dengan gelar juara, namun sayang di balapan terakhir yang dilangsungkan di di Sirkuit Ricardo Torm Valencia, Perolehan nilai Rossi disalip Jorge Lorenzo.

Pada musim itu sangat kental dengan perseteruan pembalap dan dikenang karena aksi tendangan Rossi yang membuat Marquez terjatuh.

Musim 2016 juga Rossi sempat mengejar perolehan poin Marquez, namun Rossi hanya bisa tampil sebagai runner up. Total di tiga musim terakhir Rossi hanya bisa meraih gelar runner up.

The Doctor, julukan Rossi, sempat mengutarakan mimpinya yang ingin meraih gelar juara dunia ke-10 dengan tunggangan anyarnya Yamaha YZR-M1. Kini dia juga beraharap kepada rekan setimnya yang baru, Maverick Vinales untuk melapangkan jalan meraih mimpinya tersebut.

Sebelum balapan Qatar dimulai keduanya bahkan sempat bergura bahwa Rossi dan Vinales sudah mencapai kesepakatan bahwa di musim 2017 Vinales akan membantu Rossi menjadi juara dunia, sebaliknya di musim berikutnya 2018 Rossi yang akan membantu Vinales menjadi juara dunia.

Kini Rossi tinggal mewaspadai kekuatan dua pesaingnya di musim sebelumnya yakni Baby Alien, Marc Marquez dan X-Fuera, Jorge Lorenzo demi menjaga asa meraih mimpinya.

Rossi juga harus membalikkan prediksi hampir semua pengamat yang menempatkan Marc Marquez sebagai unggulan untuk mempertahankan gelar juara dunianya serta sebagian lagi yang memprediksi Maverick Vinales akan menjadi juara dunia baru MotoGP musim 2017.

Musim 2017, MotoGP Qatar sudah resmi bergulir dan membawa Maverick Vinales menjadi yang tercepat. Rossi berhasil naik podium di posisi ketiga di bawah Andrea Dozioso.

Dua pesaingnya, Marquez berada di peringkat empat, sedangkan Lorenzo jauh tercecer finish di urutan kesebelas. Sebuah langkah awal yang lumayan baik buat seorang Valentino Rossi.

Mampukah Valentino Rossi mewujudkan mimpinya meraih juara dunia ke-10?

Masih ada 17 balapan lagi yang harus dilalui para rider. Bisa jadi penentuan gelar juara dunia akan ditentukan di balapan seri 17 di Sirkuit Sepang Malaysia 29 Oktober nanti, atau bahkan di seri 18 saat balapan terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia Spanyol, 12 November nanti.

Kita nantikan bersama…

Penulis: Franky Guntur Tangkudung

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional