Menu

Bagaimana Sistem Pemberian Poin Pemenang dalam MotoGP?

  Dibaca : 500 kali
Bagaimana Sistem Pemberian Poin Pemenang dalam MotoGP?
Bagaimana Sistem Pemberian Poin Pemenang dalam MotoGP?

Pemberian poin dalam MotoGP memang berbeda dengan kejuaraan Formula 1. Untuk pemenang dalam balapan MotoGP, pemenang balapan yang meraih podium pertama akan mendapat poin 25. Selanjutnya pemenang kedua dan ketiga masing-masing mendapat 18 dan 16 poin.

Sistem perhitungan poin balapan MOtoGP sendiri sudah beberapa kali mengalami perubahan. Hingga di tahun 1993, Federasi Balap Motor Internasional (FIM) menemukan format pas.

Kejuaraan balap motor dunia bertaraf grand prix untuk pertama kalinya digelar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pada tahun1949. Ketika itu kejuaraan yang digelar dalam satu musim hanya 5 seri balapan.

Pemenang waktu itu mendapat 10 poin. Sedangkan untuk runner up mendapat poin yang tidak jauh berbeda, yakni 8 poin.

Sistem pemberian poin tersebut bertahan cukup lama yakni hampir dua puluh tahun (1950-1968).

Hingga di akhir tahun 1960-an, penyelenggara mengoreksi sistem pemberian poin sebelumnya. Kali ini pemenang balapan mendapat 15 poin, sedangkan runner up mendapat 12 poin. Sistem penggunaan poin tersebut bertahan sebelum musim 1988 bergulir.

Di tahun 1988, penyelenggara kembali mengubah sistem poin. Juara kini mendapat poin yang lebih besar yakni 20 poin sedangkan peraih tempat kedua mendapat  17 poin.

Lagi-lagi di tahun 1992, sistem pemberian poin kembali dikoreksi. Juara balapan mendapat 20 poin sedangkan untuk runner up dikurangi menjadi 15 poin.

Setahun kemudian 1993, sistem tersebut kembali diperbaiki. Pemenang podium pertama mendapat 25 poin  dan peraih posisi kedua mendapat 20 poin. Juara ketiga mendapat 18 poin. Sistem ini akhirnya dibakukan dan dipertahankan hingga sekarang.

Sebelum musim 2017 bergulir, Pembalap asal Spanyol Jorge Lorenzo menjadi pengumpul poin terbanyak dalam satu musim balapan dengan 383 poin, dari 9 kemenangan dari total 16 kali naik podium.

Sedangkan untuk pengoleksi poin terbanyak jika diakumulasi, pembalap asal Italia Valentino Rossi tak terkejar. Rossi membukukan 3942 poin.

Untuk kontribusi jumlah poin pembalap terhadap perhitungan poin tim, jika menurunkan dua pembalap, poin yang dikumpulkan dua pembalap akan dijumlahkan. Jika ada lebih dari dua pembalap yang diturunkan, maka hanya dihitung poin dua pembalap teratas. Sedangkan jika hanya menurunkan satu pembalap, maka itu adalah poin tim.

Untuk poin Konstruktor, poin diambil sesuai urutan finish dari motor pabrikan yang dipakai saat balapan, entah itu dari tim utama atau tim satelit.

Berikut jumlah poin lengkap pemenang balapan Moto GP.

Juara I : 25 Poin

Juara II : 20 Poin

Juara III : 18 Poin

Juara IV : 16 Poin

Juara V : 13 Poin

Juara VI : 11 Poin

Juara VII : 10Poin

Juara VIII : 9 Poin

Juara IX : 8 Poin

Juara X : 7 Poin

Juara XI : 5 Poin

Juara XII : 4 Poin

Juara XIII: 3Poin

Juara XIV : 2 Poin

Juara XV: 1 Poin

Penulis: Franky Guntur Tangkudung

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional