Ani Yudhoyono Bakal Dimakamkan di TMP Kalibata

0
23

JAKARTA,editorialindonesia.com — Istri Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono meninggal di RS NUH Singapura dan akan dimakamkan dalam upacara militer di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, besok Minggu (2/6/2019).

“Besok siang, almarhumah Ibu Ani Yudhoyono akan dimakamkan dengan upacara kehormatan militer di Taman Makam Pahlawan, Kalibata,” kata politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, dalam rilis yang diterima editorialindonesia.com, Sabtu (1/6/2019)

Ani meninggal pada pukul 11.50 waktu Singapura. Jenazah dimandikan hari ini dan disemayamkan di Kedutaan Besar RI di Singapura, serta diterbangkan ke Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, malam ini.

Ani semasa hidupnya adalah pemegang Bintang Jasa Adipradana karena dianggap berjasa mendampingi Presiden RI selama tujuh tahun. Penghargaan itu diberikan oleh SBY semasa menjabat sebagai presiden pada 2011 silam.

Selain Ani, pada 2011 silam juga ada tiga orang yang memperoleh Bintang Jasa Adipradana, yaitu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (istri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid) Taufiq Kiemas (suami presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri), dan Yang Dipertuan Agung Malaysia Sultan Mizan Zaenal Abidin.

Atas berpulangnya mantan Ibu Negara RI-6 itu, Pemerintah Indonesia membantu prosesi pemakaman Ani Yudhoyono yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di Singapura, sekitar pukul 11.50 waktu setempat, Sabtu (1/6/2019).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pihaknya langsung mengirim tim keprotokoleran ke Singapura setelah mendapat kabar Ani Yudhoyono meninggal dunia.

“Kami langsung melakukan hal teknis, terutama kami sudah mengirim tim keprotokoleran selain dokter kepresidenan,” kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (1/6/2019)

Pratikno menyatakan pemerintah juga sudah menyiapkan pesawat untuk menjemput jenazah putri mantan Panglima RPKAD Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo. Pesawat tersebut akan berangkat sore ini ke Singapura.

“Kami sudah menyiapkan pesawat. Sore ini pesawat akan berangkat ke Singapura,” ujarnya.

Pratikno mengatakan rencananya akan ada upacara serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah untuk dimakamkan di TMP Kalibata. Ia memastikan prosesi pemakaman Ani Yudhoyono sudah siap semua.

“Jadi semua sudah siap, sekali lagi mohon doa untuk almarhumah,” tuturnya.(*/nando)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here